Rabu, 11 Maret 2015

Ini Senjata Lain Cina untuk Berantas Korupsi

TEMPO.COJakarta - Partai Komunis Cina menggunakan pendekatan budaya untuk menekan korupsi di negara tirai bambu ini. Tidak hanya dengan hukuman yang berat tapi juga dengan pendekatan yang lebih ringan melalui film.

Inilah yang dilakukan oleh penulis naskah Cina, Wang Xingdong, yang menyerukan para sineas negeri itu, untuk membuat film tentang pemberantasan korupsi. Wang menegaskan seruannya dengan membuat proposal pada pertemuan parlemen tahunan di Beijing. 

Tujuannya menggunakan pendekatan budaya untuk menekan korupsi.”Agar masyarakat tahu bahwa budaya dapat menghukum kejahatan dan mempromosikan kebaikan,keadilan,” ujar Wang, yang merupakan figur sineas senior dan penasihat Pemerintah Cina, kepada Beijing Morning Post.

Wang merupakan sineas yang menggarap naskah epik propaganda Founding of Great Republic telah menyuarakan hal ini dengan membuat beberapa seruan untuk mereformasi bisnis film selaku elite partai, yang berbicara untuk kongres nasional yang mengesahkan segala kebijakan.

Tahun lalu, Festival Film Internasional Hong Kong juga menggandeng Komisi Independen Anti Korupsi (ICAC) dalam acara 40 tahun peringatan lembaga anti rasuah Hong Kong ini. Mereka menayangkan film perdana penyidik lembaga ini--Better Tomorrow. Film ini diproduksi oleh organisasi anti korupsi. Film ini berkisah tentang lulusan perguruan yang bersemangat bekerja untuk suatu investigasi.

Gelombang kampanye anti korupsi juga melanda dunia hiburan pula. Pimpinan Pengawas Disiplin Partai Komunis Cina yang berkuasa menangkap 49 orang di industri hiburan karena korupsi tahun lalu.

Di Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi juga mulai menggunakan film untuk mengajak masyarakat memerangi korupsi. Komisi ini menggelar Festival Film Anti Korupsi yang diperuntukkan bagi sineas-sineas muda. Festival film ini mulai digelar dua tahun lalu dan dilaksanakan secara serentak di beberapa kota besar dalam rangka peringatan hari anti korupsi.

Sumber : Tempo

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com